Iklan

Minggu, 14 Juli 2024, Juli 14, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-15T05:31:15Z

Jelang Pilkada, Bawaslu PALI Bekali PKD Terkait Pengetahuan Penguatan Kapasitas Pengawasan


HitsIndo.com--Seluruh anggota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) di Kecamatan Penukal Utara dibekali pengetahuan terkait penguatan kapasitas pengawasan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Badan Pengawaswas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI melalui Panwascam Penukal Utara.


Bimtek tersebut terkait Penguatan Kapasitas Pengawasan Tingkat Kelurahan dan Desa (PKD) dalam persiapan pada Pilkada Bupati dan wakil Bupati Kabupaten PALI tahun 2024.


Kegiatan dibuka Anton Afrison,SH Ketua Panwascam Penukal utara  dipusatkan di Aula Perpustakaan Penukal Utara Desa Lubuk Tampui, Sabtu 13 Juli 2024.



Kegiatan itu dihadiri Camat dan Polsek Penukal Utara,  Koordinator Babinsa Serma Martosa, Kades Lubuk Tampui dan 13 PKD.


Eko Marhen Ketua PPK Penukal Utara, sebagai narasumber lebih rinci memberikan panduan tentang pengawasan ditingkat desa.


"Kita bekerja hendaknya perpedoman pada Undang undang dan Peraturan yang berlaku, diantaranya UU.nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan UU.Nomor 10 tahun 2024 tentang Pilkada Bupati dan Wakil Bupati," ungkap Eko.


Diperkuat  Fardinan,S.kom Komisioner Divisi Pencegahan dan Penindakan Bawaslu Kabupaten PALI.



Fardinan menjelaskan lebih spesifik terkait rincian tugas dan fungsi PKD untuk bekerja lebih cepat dan cerdas.


"Sehingga berbagai pelaporan dapat di distribusikan ke Bawaslu Kabupaten PALI secara tuntas," ujarnya. 


Ditambahkan Fardinan bahwa PKD sebagai garda terdepan dalam pengawasan di Desa diharuskan memiliki insting intelijen.


"Dan dapat bekerja secara profesional, serta mendorong 13 PKD ini untuk mengedepankan Pencegahan terhadap masalah dilapangan," pesannya. (nia)