Iklan

Kamis, 25 Juli 2024, Juli 25, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-26T06:05:07Z

Produk UKM Binaan Pertamina Pendopo 'Mejeng' di Festival Sagarurung

Stand Pertamina pada acara Festival Sagarurung 


HitsIndo.com.PALI--Ada yang menarik pada event Festival Sagarurung sekaligus memperingati Hari Koperasi Nasional tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar Pemda PALI yang dilaksanakan di Lapangan Gelora Talang Ubi.


Dimana salah satu stand yang memamerkan sejumlah produk unik menjadi perhatian banyak pengunjung pada gelaran tahunan tersebut. 

Stand tersebut merupakan milik 
PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4, yang beroperasi di Kabupaten PALI, yang sengaja berpartisipasi memeriahkan event yang cukup meriah itu. 

Salah satu produk unggulan yang mejeng pada stand PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4 adalah beras organik. 

Beras organik menjadi pusat perhatian pengunjung Festival Sagarurung, karena hanya stand milik Pertamina yang memiliki produk tersebut.

Dan beras organik ini bisa diproduksi hasil dari kerja keras tim dari PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4 yang membina puluhan petani konvensional sehingga mampu beralih pada pola pertanian ramah lingkungan tanpa penggunaan bahan kimia.

Kini, beras organik menjadi idola pada event Festival Sagarurung tahun 2024 didampingi sejumlah produk lainnya.

"Kami sengaja berpartisipasi dalam kegiatan Festival Sagururung untuk memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77 dengan menampilkan produk-produk dari mitra binaan kami," ungkap Tuti Dwi Patmayanti, Head Of Comrel & CID PHR Zona 4, Jum'at 26 Juli 2024.

Dikemukakan Tuti bahwa partisipasi PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dengan memperkenalkan produk-produk mitra binaan di wilayah kerja.


"Sebagai perusahan Hulu Migas, kita senantiasa terus tumbuh dan berkembang  bersama masyarakat yang tentunya akan memberikan semangat serta mendorong dalam memperkenalkan produk mitra binaan dan meningkatkan perekonomian serta agar lebih dikenal di  masyarakat.” terang Tuti. 

Tuti pun menyebut bukan hanya beras organik yang dipajangkan pada event Festival Sagarurung, tetapi juga ada beberapa produk lainnya yang menjadi unggulan serta mampu mendongkrak perekonomian warga binaan. 

"Keripik, bandrek jahe pinang, kopi, mocaf, herbal, dan maggot juga ikut mejeng di stand kita. Pada event Festival Sagarurung ada tiga lapangan yang berpartisipasi yakni PT Pertamina EP Pendopo Field, PT Pertamina Adera Field, dan PT Pertamina OKRT Field," sebutnya.

Dengan mengikuti ajang festival Sagarurung, Tuti berharap memperluas jaringan penjualan produk binaan PT Pertamina Hulu Rokan Regional 1 Zona 4.

"Pastinya dengan banyaknya pengunjung pada event tersebut selain meningkatkan penjualan juga memperluas pemasaran sehingga mampu meningkatkan taraf hidup warga yang menjadi binaan kami," harapnya. 

Sementara itu, Hendro ketua kelompok tani Rejo mulyo Kelurahan Talang Ubi Utara menyatakan bahwa puluhan petani yang tergabung pada kelompok tani itu awalnya hanya bercocok tanam secara konvensional dengan hasil minim karena harus mengeluarkan banyak modal untuk pembelian pupuk anorganik serta pestisida kimia.

"Setelah kami dibina Pertamina selama lebih kurang 2 tahun, alhamdulillah kelompok tani kami berhasil beralih ke pola pertanian ramah lingkungan dengan penggunaan pupuk kompos serta bahan-bahan organik yang dihasilkan dari limbah atau sampah sekitar kita," urainya. 

Diakuinya bahwa setelah beralih ke pola pertanian ramah lingkungan, biaya untuk mengelola lahan bisa ditekan dan hasilnya tak kalah dengan pola konvensional. 

"Sehingga penghasilan kami setiap musim meningkat. Dan seiring meningkatnya produksi kami, pendapatan keluarga juga bertambah. Atas keberhasilan ini, kami sampaikan terimakasih kepada pihak Pertamina Pendopo yang telah membina kami," ucapnya.(maman)