Iklan

Selasa, 06 Agustus 2024, Agustus 06, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-07T00:36:16Z

Persaingan Kandidat Cagub Sumsel Sengit, Hasil Survei Heri Amalindo Ungguli Mawardi Yahya

foto. Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Heri Amalindo-Popo Ali



HitsIndo.com--Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan persaingan antar kandidat cukup sengit, dimana saat ini ada tiga kandidat yang sudah menyatakan diri bakal bertarung pada perhelatan pesta akbar tersebut. 

Tiga kandidat Cagub tersebut adalah Herman Deru, Heri Amalindo dan Mawardi Yahya. 

Kandidat tersebut sudah lama mensosialisasikan diri bakal maju pada Pilgub Sumsel serentak pada 27 November 2024 mendatang dan bahkan ketiganya telah menggandeng calon pasangannya.

Dimana diketahui bahwa Herman Deru menggandeng Cik Ujang, Heri Amalindo bakal berpasangan dengan Popo Ali dan Mawardi Yahya dengan Anita Noeringhati.

Persaingan ketiga calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan tersebut kian hari semakin sengit. 

Ditambah lagi dari hasil survei sejumlah lembaga saling kejar dan terbilang ketat. 

Salah satunya Lembaga Survei Indonesia Political Survey (IPS) yang baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas dalam pemilihan Gubernur Sumsel 2024.

Survei yang dilakukan oleh IPS dilaksanakan pada 27 Juli hingga 2 Agustus 2024. 

Populasi survei adalah seluruh WNI di Sumsel yang punya hak pilih, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. 

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.000 responden, margin of error ± 3.1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Menariknya, hasil survei IPS, Heri Amalindo yang kini masih menjabat Bupati PALI mengungguli Mawardi Yahya yang merupakan mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan. 

Namun untuk posisi teratasi, IPS menyebut masih diduduki mantan Gubernur Sumsel Herman Deru. 

Hal itu sebutkan Direktur Riset IPS, Anto Nuryasin dikutip dari beberapa sumber pada 5 Agustus 2024 yang mengatakan persaingan di Pilgub Sumsel cukup sengit. 

Karena menurut Anto Nuryasin bahwa semua calon memiliki kesempatan yang sama untuk menang.

"Hasil survei petahana Herman Deru 36,6%, hanya berjarak belasan persen dengan Heri Amalindo, yang memperoleh angka 23,4%, dan Mawardi Yahya 15,2%," ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa dari hasil survei tersebut, angka yang belum menentukan pilihan atau undecided voters masih cukup tinggi, 22,8%.

"Dengan angka yang belum menentukan pilihan cukup tinggi, semua kandidat masih berpeluang,” terang Anto.

Hasil survei popularitas, Anto Nuryasin mengakui bahwa Heri Amalindo masih terbawah, yakni diangkat 74,2% sementara Mawardi Yahya 76%. Sedangkan, Herman Deru 84%,” ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan saat dilakukan simulasi pasangan, Herman Deru-Cik Ujang unggul di angka 39,9%, Heri Amalindo-Popo Ali Martopo 28,7%, serta Mawardi Yahya-RA. Anita Noeringhati 15,6%. Pemilih yang belum memutuskan 15,8%

“Data kita menunjukan pergerakan suara masih sangat dinamis, apalagi ada potensi Pilgub akan diikuti dengan tiga pasangan sehingga masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi,” ujarnya.


Diketahui bahwa pada pilgub Sumsel 2024 ini, Dr Ir H Heri Amalindo MM yang merupakan Bupati Kabupaten PALI akan berpasangan dengan Popo Ali yang juga Bupati OKU Selatan.

Pasangan Calon Gubernur Sumsel, Pilgub 2024, Dr Ir H Heri Amalindo – Popo Ali (HAPAL)

Pasangan ini memiliki visi – misi yang dinantikan masyarakat Sumsel, yakni program pendidikan dan kesehatan gratis. (ent)