Iklan

Rabu, 21 Agustus 2024, Agustus 21, 2024 WIB
Last Updated 2024-08-21T14:53:54Z

Sampaikan Pelaporan Keuangan Transparan dan Akuntabel Pada Pilkada Serentak, Bawaslu PALI Ajak Sekretariat Panwascam Kuatkan Kapasitas Kesekretariatan

Bawaslu PALI Kumpulkan Sekretariat Panwascam Guna Tertib Penyusunan LPJ Pada Pilkada Serentak 2024, Rabu 21 Agustus 2024 di Hotel Hafista Kecamatan Talang Ubi 


HitsIndo.com-- Guna lebih tertib dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban anggaran pada Pilkada serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten PALI mengumpulkan sekretariat Panwascam Kecamatan pada Rabu 21 Agustus 2024 di hotel Hafista Kecamatan Talang Ubi.

Kegiatan dengan tema fasilitasi penguatan kapasitas kesekretariatan Panwaslu kecamatan dalam tertib penyusunan LPJ pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati PALI tahun 2024 dibuka anggota Bawaslu PALI Fikri Ardiansyah mewakili Ketua Bawaslu Lestrianti didampingi Korsek Adi Kurniawan. 


Anggota Bawaslu PALI Fikri Ardiansyah saat membuka fasilitasi penguatan kapasitas kesekretariatan Panwaslu kecamatan 


Dikemukakan Fikri Ardiansyah bahwa maksud kegiatan tersebut agar penyusunan dalam laporan pertanggungjawaban bisa akuntabel dan transparan, efektif juga efisien.

"Kita buktikan bahwa kita dipercaya mengelola keuangan pada Pilkada benar-benar akuntabel dan transparan, karena dana yang kita terima dan kelola harus dipertanggungjawabkan," ujar Fikri Ardiansyah dihadapan sekretariat Panwascam. 

Kepada bendahara dan Korsek, Fikri Ardiansyah berpesan agar lebih teliti dalam menerima laporan-laporan pertanggungjawaban dari Panwascam supaya tidak ada permasalahan dikemudian hari.

"Cermati dan periksa kembali LPJ yang disampaikan Panwascam agar kedepan laporan pertanggungjawaban kita semua bisa tertib," pesannya. 

Pada kesempatan itu juga  Fikri Ardiansyah mengingatkan bahwa Panwascam serta sekretariatnya bagian dari pengawasan, artinya tetap jaga netralitas dan jangan pernah mengurusi politik.

"Kita adalah pengawas jalannya semua tahapan Pilkada, baik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan serta Bupati dan Wakil Bupati PALI. Jadi jangan sekali-kali kita berpihak atau mengeluarkan kata-kata dukungan. Kita awasi agar jalannya pesta demokrasi bisa berjalan sukses," tandasnya. 


Sementara dari laporan panitia,  Nopripapti SE bahwa tujuan kegiatan adalah untuk mewujudkan tertib administrasi penggunaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Perlu adanya penguatan dari sisi administrasi dan pengelolaan keuangan secara akurat, tertib, efisien, efektif, objektif, berkualitas dan akuntabel sehingga perlu kegiatan ini digelar," terang ketua panitia. 

Diharapkannya bahwa laporan keuangan dapat memberikan informasi yang berguna kepada para pengguna laporan, khususnya sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas atau pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan keuangan pada Bawaslu PALI. 

"Disamping itu,laporan keuangan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam pengambilan keputusan dalam usaha mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," urainya.(red)