Iklan

Selasa, 03 September 2024, September 03, 2024 WIB
Last Updated 2024-09-04T06:15:03Z

Kawal Verifikasi Faktual Berkas Pencalonan Bakal Bupati dan Wakil Bupati PALI, Bawaslu PALI Tempel KPU

Anggota Bawaslu PALI Fardinan S.Kom kawal ketat verfak berkas pencalonan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati PALI 



HitsIndo.com--Dalam mengawal proses verifikasi faktual (Verfak) berkas pencalonan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati PALI pada Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024, Bawaslu Kabupaten PALI terus menempel KPU melaksanakan pekerjaannya. 

Bawaslu PALI membentuk be

berapa tim dalam mengawal proses Verfak berkas pencalonan Balon Bupati dan Wakil Bupati PALI yang diketahui ada empat Paslon yang telah mendaftar. 

Dimana Ketua Bawaslu PALI mengawal verfak hingga ke Semarang dan tim lainnya mengawal ke Malang, Palembang dan Sekayu. 

Dikemukakan Ketua Bawaslu PALI Lestrianti melalui Komisioner Bawaslu Fardinan S.Kom dan Fikri Ardiansyah disampaikan Korsek Adi Kurniawan bahwa pembagian tim tersebut karena verifikasi faktual dilakukan serentak mengingat jadwal cukup padat.

"Ada empat Paslon yang mendaftar, dengan demikian artinya bermacam-macam latar pendidikan dan lokasi pendidikan yang berbeda, untuk itu Bawaslu berbagi tugas untuk mengawasi proses verfak mengawal KPU," ujar Adi Kurniawan, Rabu 4 September 2024.


Disebutkannya bahwa selain Ketua Bawaslu Lestrianti mengawal hingga ke Semarang, anggota Bawaslu lainnya yakni Fardinan S.Kom mengawal ke dua lokasi sekolah di kota Palembang. 

"Anggota Komisioner Bawaslu, Fardinan ke SMAN 3 dan SMAN 11 Kota Palembang mengawasi verfak balon Bupati dan Wakil Bupati PALI," imbuhnya. 

Sedangkan Korsek sendiri diakui Adi Kurniawan mengawal Verfak ke Sekayu Muba.

"Kami ke Sekayu kabupaten Muba untuk mengawal KPU verifikasi berkas di salah satu sekolah. Dengan dilaksanakannya pengawasan ini,  hasil dari verfak bisa transparan," tukasnya.


Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten PALI Lestrianti mengawal langsung proses verifikasi berkas hingga ke luar pulau Sumatera. 

Pengawalan yang dilakukan Ketua Bawaslu dilakukan pada Selasa 3 September 2024, dengan mendatangi salah satu Perguruan Tinggi di Semarang untuk memverifikasi ijazah H.Asri AG, Balon Bupati PALI yang berpasangan dengan Irwan ST.


"Setiap tahapan akan kami kawal dan kami awasi sesuai tugas dan fungsi kami sebagai lembaga pengawasan Pemilu," ujar Lestrianti kepada media ini. 

Dengan hadirnya Bawaslu PALI pada verifikasi berkas kandidat Balon Bupati dan Wakil Bupati diharapkan menambah kepercayaan masyarakat terhadap transparansi tahapan pendaftaran. 

"Kita akan bekerja profesional dan akan mengawal hingga verifikasi ini benar-benar akuntabel dan transparan sehingga masyarakatnya tidak lagi ragu hasilnya," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua KPU PALI Sunario SE melalui anggota KPU Abdurrahman mengemukakan bahwa pada proses penyerahan berkas Balon Bupati dan Wakil Bupati PALI ada empat pasang Balon.

Yang tentunya latar belakang pendidikannya berbeda serta lokasinya juga berbeda. 

"Kita hanya memastikan keabsahan ijazah Balon Bupati dan Wakil Bupati ke sekolah atau perguruan tinggi yang mengeluarkan. Ada dua kandidat yang sekolahnya cukup jauh, yakni H.Asri di Semarang dan Junaidi Balon Bupati PALI berpasangan dengan Edwar yang sekolahnya di Malang," terang Abdurrahman. 

Untuk pengumuman hasil verifikasi disebutkan Abdurrahman bakal disampaikan tanggal 5 Agustus 2024.

"Tanggal 5 Agustus pengumuman hasil verifikasi, dan apabila ada berkas yang kurang, maka tanggal 6-7 dan 8 Agustus adalah proses perbaikan berkas," tutupnya.(red)