Cara Mencegah Stroke secara Alami dan Mudah

Posted on 226 views

Masa muda harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terlebih dalam menjaga pola hidup sehat. Salah satunya dengan menerapkan cara mencegah stroke. Pencegahan ini sangat berguna sebab penyakit tersebut termasuk berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Berbagai Cara Mencegah Sakit Stroke yang Wajib Diterapkan

Mencegah sakit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menjaga kesehatan. Jika melakukan pencegahan tersebut, diharapkan akan terhindar dari resiko penyakit mematikan ini. Inilah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk upaya pencegahan stroke:

1. Menjaga Asupan Kalori

Salah satu metode untuk terhindar dari stroke ialah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Ini sangatlah penting mengingat jika badan kurang nutrisi, seseorang bisa mengidap berbagai penyakit serius. Agar tubuh selalu sehat, dianjurkan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar.

Selain itu, kurangi asupan makanan berlemak dan berkalori tinggi sebab hidangan tersebut dapat memicu seseorang terjangkit stroke. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit dalam yang mematikan.

2. Olahraga Teratur

Cara agar seseorang tidak terkena stroke ialah dengan berolahraga teratur. Olahraga rutin bisa meningkatkan ketahanan tubuh sehingga terhindar dari penyakit. Selain menyehatkan, aktivitas ini dapat membakar kalori sehingga berat badan tetap stabil.

Jika berolahraga teratur, berat badan akan makin terjaga. Hal ini dikarenakan obestitas mampu memicu berbagai penyakit serius, termasuk stroke. Pembakaran kalori secara rutin dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, agendakan olah fisik agar tetap sehat dan bugar setiap saat.

3. Menghindari Rokok

Salah satu cara mencegah diri terkena stroke ialah mengindari rokok. Merokok memang terkadang menjadi sebuah kebiasaan seseorang. Namun, jika ingin masa tua tetap sehat bugar, sebaiknya jauhi aktivitas tersebut.

Merokok dapat mengakibatkan berbagai penyakit mematikan. Rokok memang dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah serta meningkatkan debar jantung yang menyebabkan terganggunya fungsi organ dalam. Alhasil, menyempitnya kaliber tersebut memicu serangan stroke.

4. Kurangi Mengonsumsi Alkohol

Cara mudah selanjutnya untuk mencegah stroke adalah dengan membatasi konsumsi alkohol. Terlalu banyak minum minuman keras dapat membahayakan kesehatan manusia sebab menyebabkan berbagai penyakit. Terlalu sering mengonsumsinya akan berakibat fatal bagi kesehatan.

Telah dilakukan penelitian bahwa semakin tinggi asupan alkohol, semakin besar pula kemungkinan seseorang terkena stroke. Oleh karena itu, jangan sekali-kali minum minuman keras jika tidak ingin menderita penyakit dalam yang mematikan.

5. Menjaga Waktu Makan

Selain menjaga nutrisi, agendakan pula jam makan teratur agar badan selalu bugar. Waktu mengonsumsi makanan perlu dijaga karena saat tubuh terlalu banyak mendapatkan kalori, akan memberikan efek pada kesehatan. Dalam sehari, jangan mencicipi hidangan berlebihan. Jika lapar lagi, konsumsilah snack sehat.

Terlalu banyak snack berkalori tinggi dapat mengakibatkan obesitas sehingga berpotensi terkena penyakit berbahaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang dengan berat badan ideal. Untuk itu, Anda disarankan menjaga asupan gizi serta memperhatikan waktu makan. Jika ini dijaga, tubuh akan sehat.

6. Mengontrol Gula Darah

Jika Anda kini sedang menjalani pengobatan diabetes, maka jagalah kondisi dengan rutin minum obat agar lekas sembuh. Kadar gula yang tinggi beresiko meningkatnya potensi stroke. Agar tetap terhindar dari sakit tersebut, kontrol asupan dengan baik serta lakukan pengobatan sesuai anjuran dokter.

Dengan mengontrol gula darah, resiko terkena stroke akan semakin menurun. Hal ini bisa terjadi jika didukung oleh penerapan gaya hidup sehat. Agar tetap bugar setiap hari, sebaiknya konsumsi beras merah sebab kalorinya relatif lebih rendah dibandingkan yang putih.

7. Waktu Tidur Berkualitas

Orang dewasa terkadang kekurangan jam tidur. Padahal, itu bisa mengganggu metabolisme tubuh. Alhasil, badan jadi rentan terkena penyakit berbahaya. Apabila kebiasaan buruk ini dilakukan terus-menerus, bukan hal yang mengherankan jika seseorang akhirnya mengidap sakit stroke.

Waktu tidur orang dewasa disarankan 7 hingga 9 jam sehari. Namun, masih banyak yang tidak mengindahkannya. Bahkan, sebagian hanya beristirahat selama 2 atau 3 jam per harinya. Kurangnya jam istirahat bisa menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit serius, seperti stroke.

8. Perbanyak Air Putih

Cara mencegah stroke lainnya adalah perbanyak konsumsi air putih. Seseorang perlu cairan yang cukup agar tubuh terjaga. Apabila dilanda dehidrasi, proses metabolisme tidak akan berjalan dengan lancar. Selain itu, aliran darah akan terganggu. Kurang minum bisa fatal karena mengganggu kesehatan.

Dehidrasi terdenger sepele, padahal ini bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan yang berakibat pada penyakit berbahaya seperti stroke. Memang hal itu tidak langsung terjadi. Namun, menjaga asupan air harian akan sangat membantu seseorang terhindar dari sakit serius tersebut.

9. Jauhi Stress

Ada lagi yang perlu dilakukan agar badan tetap sehat dan terhindar dari penyakit stroke. Salah satunya ialah menjaga kesehatan batin. Jauhi stress karena ini dapat memberikan dampak buruk pada tubuh. Aktivitas marah-marah bisa membahayakan karena otot di kepala otomatis menegang.

Selain itu, tekanan darah akan naik secara tiba-tiba. Hal ini bisa membuat jantung berdebar-debar keras. Jika dilakukan terlalu sering dapat menyebabkan seorang berpotensi terkena stroke. Menjaga kesehatan batin memang tidak mudah. Namun, Anda dapat mencoba menghindari hal yang menyebabkan emosi.

10. Mengecek Kolesterol

Salah satu metode mudah mencegah stroke yakni melakukan pengecekan kolesterol. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara berkala agar Anda mengetahui informasi kesehatan yang terbaru. Jika kadarnya terjaga, maka semakin terhindar berbagai penyakit serius.

Kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya sakit stroke. Tak heran jika banyak orang was-was jika kadarnya cukup banyak. Agar tetap terpantau, diharapkan melakukan pemeriksaan secara teratur 3 bulan sekali. Dengan begitu, tubuh bisa tetap dalam pengawasan sang ahli.

11. Hindari Narkoba

Narkoba termasuk barang terlarang. Jika nekat mengonsumsinya, nyawa dan penjara adalah taruhannya. Zat aditif ini sangat membahayakan tubuh. Selain bisa membuat orang berhalusinasi, ada banyak sekali kerugian yang didapat, salah satunya menderita penyakit mematikan.

Narkoba dapat membuat arteri seseorang mengalami penyempitan. Hal tersebut bisa membuat aliran darah pada tubuh terganggu. Jika dilakukan terus-menerus, tidak heran pengidapnya menderita penyakit serius seperti stroke. Bahkan, pengguna zat aditif ini beresiko meninggal lebih cepat.

12. Ketahui Gejala Stroke

Ada lagi hal yang perlu diketahui agar mencegah stroke yakni mengetahui gejala-gejalanya. Ada beberapa ciri penyakit tersebut antara lain: kesemutan, berbicara cadel, pusing, pandangan tidak jelas dan lumpuh. Kelumpuhan ini menjadi tanda paling jelas bagi penderita sakit tersebut.

Gejalanya tidak datang bersamaan. Sebagian penederita hanya kesemutan serta sakit kepala terus-menerus. Namun, tidak sedikit pula yang langsung merasakan kelumpuhan secara tiba-tiba. Dengan mengetahui ciri-cirinya, seseorang bisa lebih waspada dan segera melakukan langkah tepat.

Demikian beberapa cara mencegah stroke yang bisa dilakukan. Menjaga kesehatan adalah hal utama. Dengan begitu, seseorang tidak akan terkena penyakit serius. Selain cek kondisi tubuh, menjauhi stress juga sangat dianjurkan sehingga pikiran tetap sehat dan tidak mudah mengidap sakit berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *