Manfaat Daun Jeruk Purut yang Baik bagi Kesehatan serta Kecantikan

Posted on 105 views

Daun jeruk purut seringkali ditemui sebagai pelengkap bumbu dapur agar aroma masakan lebih sedap. Padahal jika diulik lebih mendalam, ternyata banyak kandungan nutrisi serta manfaat daun jeruk purut yang baik bagi kesehatan Anda.

Beragam Manfaat Daun Jeruk Purut

Mungkin selama ini daun jeruk purut sering dianggap remeh karena tidak memiliki banyak kegunaan selain sebagai penyedap masakan. Namun ternyata faktanya malah sebaliknya, ekstrak di dalamnya mengandung berbagai manfaat baik untuk kesehatan juga kecantikan seperti berikut:

  1. Obat Flu

Flu atau pilek merupakan penyakit yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Jika saat ini sedang mengalaminya, Anda dapat mengobatinya dengan ramuan herbal yang terbuat dari daun jeruk purut.

Bagi sebagian orang yang belum tahu mungkin aneh mendengar hal ini, namun perlu diketahui ternyata kandungan ekstraknya bisa memproduksi plasma darah putih yang bisa menangkal virus influenza. Di samping itu juga meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Obat Peradangan

Seperti pada penjelasan sebelumnya, ekstrak dari daun jeruk ini kaya akan nutrisi dan senyawa alami yang bersifat antibakteri dan anti inflamasi, maka tidak heran jika banyak orang menggunakannya sebagai obat peradangan.

Buat Anda yang belum mengetahui apa itu peradangan atau lebih populer dengan instilah inflamasi, yakni suatu keadaan ketika sistem kekebalan tubuh sedang bertarung melawan penyakit. Cara mengkonsumsinya mudah, tinggal masukan potongan daun jeruk purut ke air hangat lalu minumlah.

  • Mencegah Penuaan Dini

Ekstrak daun jeruk purut ini juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit Anda agar tetap sehat dan cerah bersinar. Hal ini karena, di dalamnya banyak mengandung citronellal dan limonene yang menjadi antioksidan alami.

Antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan jika dibiarkan terus-menerus. Kandungan ekstrak daun jeruk purut tersebut juga dapat memproduksi sel-sel baru sehingga mencegah munculnya kerutan dan kulit pun nampak lebih muda.

  • Dapat Mengeluarkan Zat Berbahaya dalam Darah

Ekstrak minyak dari daun jeruk purut kaya akan kandungan volatil yang sifatnya mudah menguap, terutama saat terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Dalam dunia kesehatan, senyawa ini dimanfaatkan untuk detoksifikasi.

Berdasarkan penelitian senyawa volatil yang terkandung dalam minyak ekstrak daun jeruk purut bisa menghilangkan patogen yang menggangu dalam darah. Maka dari itu, para ahli memanfaatkannya untuk membantu fungsi hati serta sistem limpa agar zat-zat berbahaya bisa keluar.

  • Pengusir Serangga

Senyawa volatil yang terkandung pada ekstrak daun jeruk purut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi darah saja, tapi juga dapat digunakan sebagai pengusir serangga karena sifatnya mudah menguap dalam temperatur ruangan.

Saat terjadi proses penguapan kemudian tercampur dengan udara, maka akan menghadilkan bau yang mudah terbawa angin dan terhirup hidup. Mempertimbangkan hal ini, dunia industri kimia memanfaatkan senyawa volatil pada daun jeruk purut untuk mengusir bahkan membasmi serangga.

  • Mengembalikan Stamina

Manfaat daun jeruk purut lainnya yakni dapat menjaga kesehatan tubuh, khususnya dalam meningkatkan stamina. Sebab, ekstraknya banyak mengandung senyawa alami, seperti minyak atsiri, kadar steroid, triterpenoid serta tanin.

Racikan herbal yang terbuat dari ekstrak daun jeruk purut ini sangat baik dikonsumsi terutama ketika sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Hal ini ditandai dengan munculnya rasa lemas, letih serta lesu, sehingga stamina akan kembali meningkat.

  • Mencegah Kanker

Siapa yang tidak tahu apa itu kanker, salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Berdasarkan penelitian ternyata ekstrak dari daun jeruk purut ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel yang bersifat abnormal.

Bukan hanya itu saja, ekstrak daun jeruk ini juga mengandung naringenin dan hespiridin meskipun kadarnya tidak sebanyak pada bagian kulitnya. Meskipun begitu, senyawa yang bersifat seperti antioksidan tersebut dapat meningkatkan sistem imun.

  • Sebagai Aroma Terapi

Seperti diketahui, daun jeruk purut mempunyai kandungan minyak atsiri yang menghasilkan bau khas pekat dan sangat kuat. Maka tidak heran jika banyak orang memanfaatkannya untuk dijadikan aromaterapi.

Minyak atsiri dari ekstrak daun jeruk purut ini memiliki bau segar dan banyak dipilih sebagai aromaterapi karena mengandung sitronellal yang dapat memperbaiki fungi kognifit, merubah mood sehingga membuat seseorang menjadi lebih rileks ketika menghirupnya.

  • Mencegah Radikal Bebas

Ternyata menjalankan aktivitas sehari-hari seseorang beresiko besar terpapar radikal bebas disebabkan karena asap rokok, radiasi matahari dan masih banyak lainnya. Yentunya hal ini bisa membahayakan tubuh, untuk mencegah hal itu Anda bisa mengkonsumsi ekstak daun jeruk purut.

mungkin banyak orang belum mengetahui, kalau ekstrak dari daun jeruk purut tersebut juga mengandung flavonoid atau zat serupa dengan antioksidan. Ini berfungsi untuk memproduksi serta memperbaiki sel-sel rusak yang disebabkan karena radikal bebas.

  1. Mencegah Bau Mulut

Kurang percaya diri karena bau mulut, buat Anda yang mengalami masalah ini tidak perlu khawatir karena persoalan tersebut bisa diatasi dengan kandungan minyak aromatik, antihalitosis serta antibakteri dari ekstrak daun jeruk purut.

Banyak penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Thailand menyebutkan bahwa kandungan daun jeruk purut dapat mengatasi bau mulut. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal gosokan pada gusi untuk menghilangkan bakteri atau mencampurkan ekstrak minyaknya dengan obat kumur.

  1. Obat Antiseptik dan Deodorant

Mungkin banyak orang belum tahu, jika ekstrak dari daun jeruk purut ini memiliki kandungan zat-zat antibakteri dan antiinflamasi. Jadi bisa dimanfaatkan sebagai obat yang menghalau pertumbuhan kuman sehingga mempercepat penyembuhan luka terutama pada kulit

Bakteri Staphylococcus aureus yang terdapat pada kulit dan dapat menimbulkan bau tubuh kurang sedap. Masalah tersebut dapat dilawan dengan kandungan daun jeruk purut sehingga banyak ilmuan menggunakannya menjadi bahan deodorant.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Mungkin sebagian dari Anda sering menemukan terdapat beberapa produk shampo menggunakan jeruk purut. Hal ini karena ekstrak dari daunnya mengandung minyak atsiri yang terkenal mengatasi masalah kebotakan terutama pada kaum pria dengan cara memperkuat jaringan folikel.

Tidak hanya itu, daun jeruk purut juga terkenal kaya akan vitamin C dan B5 yang dapat mengatasi masalah ketombe, karena dapat mengontrol produksi minyak berlebihan pada kulit kepala sehingga rambut menjadi lebih sehat.

  1. Obat Jerawat

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, ternyata daun jeruk purut ini juga bisa dijadikan sebagai obat jerawat. Buat Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, dapat menggunakan minyak atsiri atau yang populer dengan nama essential oils.

Kandungan minyak atsiri pada daun jeruk purut ini dapat membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang ikut menempel bersama kotoran. Jika dibiarkan dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan munculnya jerawat. Itulah ulasan singkat mengenai berbagai manfaat daun jeruk purut, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Semoga informasi tersebut bisa menjadi sumber referensi buat Anda yang sedang mencari bahan-bahan herbal untuk perawatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *