Obat Biang Keringat Bayi Alami Paling Aman dan Ampuh

Posted on 222 views

Anak rewel setiap malam pasti akan membuat Anda menjadi semakin tak tenang. Ruam merah mulai muncul di lipatan-lipatan dan area tubuh yang lembab. Maka dari itu, obat biang keringat bayi alami adalah solusi terbaik untuk mengatasi hal ini.

Berbagai Macam Obat Biang Keringat Alami untuk Bayi

Daerah beriklim tropis memang memiliki kondisi yang lebih lembab dan panas. Hal inilah pemicu munculnya biang keringat pada bayi sehingga Anda harus mempersiapkan bahan-bahan alami untuk mengatasi rasa gatalnya karena tentu akan lebih aman untuk kulit anak.

Berikut beberapa obat alami untuk mengatasi biang keringat pada bayi:

  1. Bubuk Cendana

Bubuk Cendana memang dikenal memiliki aroma terapi yag berkhasiat menenangkan, mengurangi rasa gatal dan efektif menyembuhkan ruam merah akibat biang keringat pada anak. Selain itu, kandungan di dalamnya juga mampu menurunkan suhu tubuh sehingga bayi akan lebih cepat pulih.

Cara penggunaannya, bisa Anda campurkan bubuk cendana dengan air mawar sehingga membentuk adonan pasta. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terdapat ruam-ruam merah. Lakukan hal ini setiap setelah mandi hingga biang keringat benar-benar hilang.

  • Oatmeal

Oatmeal diketahui memiliki kandungan sangat baik untuk kulit, termasuk meredakan biang keringat pada bayi. Sumber kharbohidrat kompleks ini mampu mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman yang menyebabkan anak rewel terus menerus.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan oatmeal ke dalam satu cangkir air hangat, kemudian tunggu hingga mengental dan teksturnya mirip salep. Setelah itu oleskan merata pada bagian yang terdapat biang keringat.

  • Timun

Timun memiliki efek mendinginkan, melembabkan dan membersihkan sehingga kerap digunakan sebagai bahan dalam proses perawatan kulit. Jadi jika buah ini diaplikasikan pada kulit bayi pasti akan menimbulkan rasa nyaman juga menenangkan.

Cara penggunaannya adalah dengan memotong-motong timun lalu menggosokkannya perlahan pada area biang keringat. Kemudian bisa langsung dibilas menggunakan air dingin untuk membersihkan bekas-bekas bijinya yang menempel

  • Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu mengurangi ruam kemerahan akibat biang keringat pada bayi. Selain itu memiliki sifat anti bakterial, bisa menenangkan dan meredakan rasa gatal pada kulit anak.

Cara pengaplikasiannya adalah mencampurkan tea tree oil dengan sedikit parfum non alkohol untuk mengurangi aroma khasnya yang cukup menyengat. Kemudian bisa langsung dioleskan ke area munculnya biang keringat.

  • Chamomile

Chamomile memiliki efek menenangkan dan efektif menyembuhkan biang keringat pada bayi karena mengandung azulene yang dapat mendinginkan dan mengatasi ruam merah. Jadi penggunaan secara rutin akan sangat membantu dalam pemulihan.

Cara penggunaannya cukup mudah hanya dengan melarutkan dua tetes chamomile dan 2 sendok minyak. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terdapat ruam merah akibat biang keringat. Lakukan rutin setiap hari hingga benar-benar hilang.

  • Madu

Madu terkenal cukup efektif menghilangkan biang keringat pada bayi, karena selain merupakan bahan alami tapi juga memiliki kandungan anti bakterial dan humektan yang dapat menjaga kulit anak agar tetap lembab dan terjaga dari perubahan cuaca ekstrim.

Untuk menyembuhkannya, Anda dapat mengoleskannya pada area kulit yang terdapat biang keringat kemudian biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan air hingga bersih. Lakukan hal ini rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Daun Ketumbar

Daun ketumbar bukan hanya bisa digunakan untuk memasak saja, namun juga mengandung anti oksidan dan anti bakterial yang cukup efektif mengatasi biang keringat pada bayi. Karena merupakan bahan alami maka sangat aman untuk kulit bayi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menghaluskan daun ketumbar kemudian campur dengan air mawar untuk menghilangkan aroma khasnya. Lalu oleskan merata pada area kulit yang terkena biang keringat.

  • Daun Mimba

Daun mimba atau biasa disebut intaran merupakan tanaman yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah menyembuhkan biang keringat pada bayi. Kandungan anti inflamasi, anti bakterial dan anti oksidan efektif mengatasi ruam merah pada kulit anak.

Cara penggunaannya cukup praktis, Anda dapat mencampurkan bubuk daun mimba dengan air secukupnya sehingga teksturnya mirip salep. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang terdapat biang keringat atau bisa juga digunakan sebagai campuran air mandi.

  • Soda kue

Soda kue tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kue saja namun dapat juga dimanfaatkan sebagai obat biang keringat bayi. Kandungan di dalamnya sangat efektif mengurangi rasa gatal pada kulit sehingga menimbulkan rasa tenang.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan cara mencampurkan soda kue 3 sendok ke dalam seember air hangat untuk mandi si kecil, kemudian biarkan bayi Anda berendam sekitar 10 hingga 20 menit. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal lakukan rutin 2 kali sehari.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak kandugan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan anti inflamasi dan anti septik mengurangi rasa gatal dan ruam kemerahan akibat biang keringat. Selain itu menimbulkan efek dingin pada kulit sehingga bayi merasa lebih nyaman.

Cara penggunaannya adalah dengan cara mengupas lidah buaya dan memotongnya lalu letakkan pada wadah mangkok, kemudian hancurkan menggunakan sendok hingga halus dan mudah untuk diaplikasikan pada kulit bayi. Oleskan secara rutin dua kali dalam sehari.

  1. Semangka

Sama halnya dengan timun, semangka juga bisa digunakan untuk meredakan biang keringat pada bayi. Efek yang dihasilkan juga sama yaitu mendinginkan dan melembabkan kulit sehingga dapat mempercepat penyembuhan ruam kemerahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pisahkan dulu semangka dari bijinya kemudian letakkan pada wadah mangkok dan hancurkan hingga dapat lebih mudah diaplikasikan pada kulit bayi. Lakukan hal ini secara rutin setiap harinya agar sembuh dengan sempurna.

  1. Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, buah ini juga mengandung anti bakteri sehingga membuat kulit lebih sehat dan jauh dari gangguan kuman. Maka dari itu cukup efektif menyembuhkan biang keringat pada Bayi.

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi adalah dengan mengoleskan air perasan lemon pada area kulit yang terdapat biang keringat. Tunggu beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari sampai benar-benar sembuh.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. Kandungan vitamin E dan anti oksidan yang cukup cepat menyembuhkan ruam merah dan gatal-gatal akibat biang keringat sehingga bayi lebih tenang dan tidak rewel.

Cara penggunaannya, dapat langsung Anda oleskan pada bagian kulit yang terdapat biang keringat. Lakukan dua kali detiap harinya untuk mempercepat penyembuhan. Jadi bayi dapat tersenyum kembali dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Demikianlah ulasan tentang berbagai macam obat biang keringat bayi yang alami dan aman untuk kesehatan kulit si kecil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *