Radang Ginjal dan Cara Mencegahnya

Posted on 172 views

Penyakit radang ginjal dewasa ini tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang remeh. Jika dibiarkan begitu saja dan tanpa diobati ataupun dilakukan pencegahan, maka bisa menjadi faktor pembunuh nomor satu bagi tubuh Anda. Jadi, menjaga kesehatan organ itu sangat penting?

Apa Itu Radang Ginjal?

Radang ginjal merupakan sebuah penyakit yang menyerang bagian selaput dalam organ yang disebabkan adanya infeksi bakteri. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, seperti pola hidup tidak sehat, hipertensi atau pun faktor usia.

Jika seseorang mengalami radang ginjal, maka mereka akan merasakan kesakitan saat buang air kecil. Di samping itu, tubuh pun akan membengkak dan sakit-sakit semua jika tidak segera ditangani secara serius oleh tim medis.

Adapun, macam-macam radang ginjal sendiri sangat banyak yang pembagian didasarkan pada bagian-bagian tempat bakteri menyerang seperi halnya di neufron dan glomeruli.

Gejala Penyakit Radang Ginjal

Penyakit peradangan pada ginjal akan memberikan ciri-ciri atau gejala khusus pada penderitanya. Hal tersebut akan terjadi di awal masa-masa radang mulai terbentuk. Nah, jika Anda merasakan berbagai macam gejala itu, maka segera saja periksakan diri ke dokter.

1. Nyeri dan Terlalu Sering Buang Air Kecil

Gejala pertama yang dipercaya merupakan indikasi penyakit radang ginjal adalah penderitanya sangat sering dalam melakukan buang air kecil. Bahkan, dalam 1 jam saja frekuensinya biasanya mencapai 5 hingga 8 kali.

Di samping itu, saat buang air kecil akan terasa nyeri di wilayah perut khususnya pada bagian organ ginjal. Hal ini disebabkan karena bakteri penyebab peradangan pada ginjal telah menyusup serta menginfeksi saluran kantong kemih.

2. Warna Urin Keruh dan Mengeluarkan Bau

Jika Anda mengeluarkan urin yang agak keruh dan mengeluarkan bau busuk, maka berhati-hatilah dan segeralah memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat karena hal itu merupakan salah satu gejala dari peradangan pada ginjal.

Kondisi tersebut sebenarnya adalah bentuk fermentasi dari bakteri yang mengirimkan sel-sel darah putihnya ke urin penderita radang ginjal. Hal ini untuk melawan infeksi peradangan pada neufron di wilayah tersebut.

3. Mengalami Pusing

Infeksi pada neufron ginjal yang tidak dikenali dan belum mendapatkan pengobatan akan terus menjalar ke bagian-bagian dalam tubuh Anda. Kemudian hal tersebut bisa menyebabkan penyakit-penyakit tambahan lainnya seperti halnya pusing.

Peradangan bakteri ginjal akan semakin menjadi-jadi hingga menyebabkan pembuluh darah membesar. Jika sudah begini, maka tekanan darah penderita akan semakin menurun hingga mengalami pusing selama beberapa hari tanpa henti.

4. Mual dan Muntah Berkepanjangan

Gejala penyakit radang ginjal selanjutnya yang sering dialami banyak orang adalah mual dan muntah. Ini disebabkan bagian neufron telah terinfeksi oleh bakteri dengan tingkat keparahan sudah mengkhawatirkan dan perlu dilakukan pengobatan intensif.

Di samping itu, kondisi ini akan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh dari penderita batu ginjal sudah ikut berperang dalam melawan bakteri peradangan itu. Efeknya kondisi badan manusia lemah dan pada akhirnya mengalami mual serta muntah.

5. Penderita Mengalami Demam tidak Berkesudahan

Gejala lain dari penyakit radang batu ginjal yakni penderitanya akan mengalami demam serta menggigil tak berkesudahan. Hal tersebut akan terjadi jika infeksi telah menyebar ke seluruh bagian organ penting dalam ekskresi itu.

Dalam hal ini ketika infeksi telah parah, maka sistem kekebalan tubuh akan memeranginya sehingga menyebabkan suhu tubuh penderitanya menjadi naik. Demam dan menggigil pun akan semakin menjadi da tentunya membuat Anda tidak nyaman.

Cara Pencegahan Penyakit Radang Ginjal

Agar hidup Anda tetap sehat dan ginjal pun senantiasa normal dalam menjalankan fungsi utamanya, maka harus mencegah adanya peradangan pada neufron sedini mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari kegiatan paling sederhana.

1. Memeriksakan Diri ke Dokter Secara Rutin

Langkah pertama dan utama yang peling mudah untuk Anda lakukan dalam mencegah adanya peradangan pada ginjal adalah selalu melakukan check-up rutin ke dokter. Silakan lakukan hal tersebut minimal selama 3 bulan sekali.

Jika Anda melakukan check-up, maka semua bagian tubuh akan diperiksa dan tentunya segala macam penyakit pun juga bisa terdeteksi dengan mudah. Jikalau merasa tidak enak badan serta ada indikasi peradangan ginjal, sebaiknya langsung diperiksakan sebelum penanganannya terlambat.

2. Kurangi Konsumsi Air dan Garam

Jika Anda sudah divonis mengalami radang ginjal, maka mulai saat itu aturlah konsumsi terhadap air serta garam setiap harinya. Kedua hal tersebut tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena akan menimbulkan efek kurang baik pada kesehatan.

Saat ginjal mengalami peradangan, fungsinya dalam melakukan penyaringan racun sudah tidak berkualitas lagi. Jika Anda mengonsumsi banyak air serta garam, maka hal tersebut sama saja dengan memberatkan kinerja dari ginjal itu sendiri.

3. Cek Tekanan Darah Secara Berkala

Dalam rangka menjaga kesehatan ginjal Anda, maka mengecek tekanan darah secara rutin minimal satu minggu sekali juga sangat dianjurkan. Hal tersebut akan mempunyai pengaruh besar terhadap infeksi bakteri peradangan.

Jika tekanan darah manusia tinggi, maka infeksi bakteri yang akan menyerang ginjal akan muncul semakin banyak. Oleh karenanya, mengetahui tensi perdarahan Anda sangat diperlukan supaya bisa terkontrol dengan baik setiap saat.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jika kadar gula darah Anda tinggi, maka segalam macam bekteri penyebab penyakit akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh tak terkecuali peradangan pada ginjal. Hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja karena bisa menyebabkan komplikasi.

Oleh sebab itu, maka silakan mengecek kadar gula darah Anda paling tidak selama sebulan sekali. Jika kadarnya tinggi dan tidak wajar, maka segeralah mencari solusi agar bisa normal kembali sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit.

5. Mengurangi Konsumsi Banyak Jenis Obat

Tahukah Anda bahwa jenis obat-obatan kimia maupun herbal yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan dampak negatif pada tubuh? Nah, hal ini sering disepelekkan banyak orang karena mereka menganggap itu bisa meredakan rasa sakitnya.

Padahal, ginjal Anda tidak bisa menerima terlalu banyak obat-obatan kimia apalagi jika dosisnya terlalu tinggi. Hal itu justru akan menyebabkan penyakit seperti halnya gangguan pada neufron dan lain-lain semacamnya. Jadi, hindarilah mengonsumsinya jika memang tidak disarankan dokter.

6. Berhenti Merokok

Seorang perokok lebih rentang terkena peradangan ginjal. Hal ini sudah terbukti dan memang diakui oleh para insan medis karena di dalam rokok tersebut mengandung banyak zat-zat berbahaya yang dapat merusak semua jenis organ manusia.

Jika ginjal Anda ingin sehat, maka berhentilah merokok mulai dari sekarang. Dengan begitu, berat badan pun juga akan ideal sehingga bakteri penginveksi radang akan takut serta tidak pernah menjamah badan manusia lagi. Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan tentang penyakit radang ginjal, ciri-ciri serta pencegahannya. Semoga informasi tersebut benar-benar akan memberikan manfaat nyata supaya lebih menjaga kesehatan bagi para pembaca sekalian dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *